Inspirations

The White Coat Investor

Blog yang dibuat oleh Jim Dahle, MD, seorang dokter spesialis emergensi di AS pada tahun 2011 ini adalah inspirasi utama saya untuk membuat blog ini.

Pertama kali saya membaca blog ini saya merasakan hal yang sama dengan yang dirasakan oleh beliau sebelum memulai pembelajaran finance, yaitu keputusasaan karena ketidakmengertian akan finance. Berkali-kali saya ungkapkan keresahan ini kepada teman-teman saya: Mengapa dokter tidak pernah dilatih untuk mengerti keuangan atau bisnis?

Blog ini benar-benar membuka mata saya bahwa sebenarnya seorang dokter harus menguasai finance. Namun, di dalamnya terdapat banyak instrumen-instrumen investasi maupun pajak yang spesifik untuk AS dan sulit untuk dikaitkan dengan kondisi kita sebagai dokter di Indonesia. Sebagai contoh, negara AS memiliki opsi-opsi dana pensiun seperti 401(k), Individual Retirement Account (IRA), Roth IRA, dan sebagainya. Sehingga untuk investor pemula mungkin akan mengalami kesulitan jika membaca bagian-bagian yang spesifik untuk negara AS tersebut.

Sehingga blog ini saya susun untuk berbagi hal-hal mengenai finance yang sudah saya pelajari dan menyajikannya bagi dokter-dokter di Indonesia agar dapat mencapai pengertian melalui cara dan bahasa penyampaian yang sederhana.

Sesuai dengan tagline dari blogĀ ini, yang apabila diterjemahkan kurang-lebih berbunyi:

Menolong mereka yang mengenakan jas putih agar memiliki kesempatan yang sama di Wall Street.


Physician on FIRE

Merujuk kepada suatu gerakan yang berkembang pesat di Reddit, yaitu Financial Independence, Retire Early (FIRE), seorang dokter spesialis anestesi membuat blog ini.

Pertumbuhan blog ini sangat sensasional, karena hanya dalam satu tahun sejak dibuat pada tahun 2016, blog ini sudah dikunjungi oleh 1,5 juta pembaca. Dan suatu hal yang sangat unik dari penulis adalah beliau benar-benar transparan dengan keuntungan yang didapat dari blog tersebut, dan bahkan mengirimkan laporan keuangannya kepada subscribers melalui e-mail 4 kali dalam setahun! Hal ini menjadi sesuatu yang saya ingin ikuti suatu hari nanti (well, because this blog is not making any money whatsoever at the moment, but I don’t care, I only want to share).

Get ready for financial independece!


Gary Vaynerchuk

Memang aneh dan tidak ada hubungannya dengan finance maupun kedokteran, namun jika kedua blog di atas adalah yang menjadi “bensin” sehingga saya semakin diyakinkan akan perlunya menulis blog seperti ini, maka Gary Vaynerchuk adalah “percikan api” nya.

Meskipun seringkali gaya berbahasanya cenderung kasar dan kurang enak didengar, namun filosofinya sangat-sangat-sangat mendalam. Bagi anda yang lebih menyukai platform media sosial, saya sangat menyarankan anda melihat konten-konten garyvee (nickname beliau) di Instagram maupun Twitter.

Pesan utama mengenai entrepreneurship yang saya dapatkan dari beliau adalah: “Don’t overthink content.” Kebanyakan orang takut memulai karena memikirkan apa kira-kira respon mengenai konten mereka. Gary Vaynerchuk memutarbalikkan ini dan berpendapat: Just start posting contents. As much as possible, as often as possible. See what people like and what they don’t like. Adapt from there. The regret of posting a “bad” content is nothing compared to the regret of not trying it in the first place.

Satu hal lain yang saya pegang dari kampanye beliau, dan akan selalu saya jadikan dasar di dalam saya mengembangkan blog ini dan dalam berpraktik sebagai dokter adalah:

Kindness always wins.

Have a good day, guys!


Stop berandai-andai! Mulai perjalanan finance anda sekarang: