Philosophy

Filosofi di balik pemilihan nama “Dissecting Money” adalah menghubungkan erat dunia kedokteran dan dunia finance.

Seperti kita ketahui pada saat kita mahasiswa kedokteran dulu, sebelum kita bisa mendapat pengertian tentang ilmu kedokteran apapun, kita harus lebih dulu menguasai anatomi tubuh manusia. Pada saat kita mempelajarinya dari cadaver, harus dilakukan diseksi dulu terhadap tubuh cadaver tersebut, agar kita dapat mempelajari dalamnya: jaringan lemak, pembuluh darah, saraf, otot, ligamen, tulang, dan lainnya. Sebagai dokter bedah apalagi: tidak mungkin melaksanakan suatu operasi tanpa menguasai anatomi.

Begitupun halnya dengan uang, atau dunia keuangan (finance): Bagaimana bisa seseorang yang mempelajari kedokteran lalu secara tiba-tiba mau terjun dalam hal pengelolaan keuangan pribadi (personal finance) ataupun investasi dan merasa langsung bisa melakukannya? Tentunya hal ini sangat tidak masuk akal. Anehnya, banyak sekali dokter yang melakukan demikian.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut antara hubungan erat antara dunia kedokteran dan finance, William Berstein yang merupakan seorang dokter spesialis saraf yang beralih profesi ke dunia finance menggambarkannya dengan sangat baik di bukunya yang berjudul “The Four Pillars of Investing.” (Anda dapat membelinya langsung di link Amazon tersebut dan saya akan mendapat sedikit komisi dari pembelian Anda)

Dissecting Money is a meticulous guide to discover the anatomical plane to financial literacy.

Mulai pelajari anatomi dan fisiologi dari uang sekarang: