nick-fewings-f2Bi-VBs71M-unsplash
Dissecting Money

Dissecting Money

Review Buku Akhir Tahun 2020

Photo by Nick Fewings on Unsplash

2020’s been amazing!

Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat memberi saya banyak pembelajaran, di bidang finance maupun bidang lain. Di akhir tahun ini saya akan memberikan ulasan beberapa buku nonfiksi yang saya selesaikan di tahun 2020 ini dan bisa saya anjurkan untuk sejawat sekalian baca. (Sebagai resolusi tahun 2021 mungkin?)

Unshakeable

Buku yang ditulis oleh Tony Robbins ini merupakan buku yang sudah sangat sering saya anjurkan bagi sejawat yang meminta bahan bacaan untuk mulai belajar finance. Buku ini sangat menarik karena dibuka dengan fakta-fakta gelap mengenai dunia finance yang biasanya tidak pernah dibahas oleh orang-orang. Terlalu banyak konten/finance yang hanya menjanjikan return tanpa membahas apa risiko yang sebenarnya terlibat di dalamnya.

Selain itu, buku ini menyandingkan apa perbedaan utama antara venture capitalist ternama dan investor ritel (termasuk di antaranya kita, para dokter yang tidak memiliki latar belakang apa-apa di dunia finance), dan bagaimana seharusnya kita memandang bursa saham dengan cara yang berbeda.

Buku ini ditutup dengan ultimate reminder bahwa adalah percuma jika kita mencapai financial freedom tetapi sejatinya kita tidak bahagia. So this book is really a little bit of everything you’ll ever need in your adult life.

Money: Know More, Make More, Give More

Rob Moore adalah seorang entrepreneur yang sangat sukses dari Inggris, dan di dalam buku ini banyak sekali mutiara-mutiara mengenai uang dan dinamikanya di dalam perekonomian dipandang dari sudut pandang seorang entrepreneur.

Buku ini tidak membahas banyak mengenai cara-cara praktis berinvestasi, tetapi membahas mendalam mengenai bagaimana supaya kita memiliki pola pikir yang tepat mengenai uang, terutama bagi mereka yang mau berpetualang ke area bisnis maupun entrepreneurship. Bagaimana cara menentukan “harga” kita, bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan waktu, kapan kita perlu mempekerjakan orang sebagai leverage, adalah beberapa hal yang menurut saya dibahas dengan sangat baik dalam buku ini.

The Subtle Art of Not Giving A F*ck

Buku yang ditulis oleh blogger bernama Mark Manson ini sangat beresonansi untuk saya, karena beliau memulai dengan sebuah blog, yang akhirnya mengumpulkan traksi yang cukup sampai akhirnya beliau menulis buku yang menjadi best-seller, sesuatu yang saya harap akan bisa saya capai juga di masa depan.

Hanya sekitar 200-an halaman, tapi buku ini penuh dengan konsep-konsep yang kontra-kultur, yang menurut saya sangat diperlukan oleh kaum millenials yang seringkali terbutakan oleh mimpi untuk mencapai kesuksesan, tanpa menyadari bahwa dirinya sebenarnya secara psikis sedang berjalan menuju kehancuran.

Sekilas dari judulnya mungkin seseorang bisa saja berpikir bahwa buku ini berisi konsep-konsep hidup yang sangat egosentris, tetapi sebenarnya isi buku ini justru sangat berlawanan dengan hal itu. Justru pada saat kita memikirkan bukan semata-mata mengenai diri kita, di situlah kita menyadari apa kunci utama dalam menjalani hidup.

Outliers

Saya kehabisan kata-kata untuk memuji kepiawaian Malcolm Gladwell dalam menulis sebuah buku. Jika Anda pernah mencoba untuk menyusun tesis atau menulis sebuah buku, maka Anda bisa memahami mengapa tulisannya sangat patut dipuji. Saya bahkan tidak bisa membayangkan berapa waktu yang dihabiskan beliau untuk melakukan riset hanya untuk menulis satu bab saja.

Buku ini bahasanya cukup rumit, sehingga kadang-kadang mungkin kita perlu membaca ulang bagian tertentu untuk bisa mengerti. Sangat baik dibahas dalam buku ini mengenai apa saja resep-resep yang diperlukan agar seseorang dapat sukses dalam hidupnya. Apakah semua ini hanya soal nasib? Atau sebenarnya memang ada faktor-faktor lain yang harus ada? Hal-hal yang terkesan jauh dari kesuksesan seperti latar belakang kebudayaan pun ternyata sangat bisa dikaitkan dengan kesuksesan seseorang.

Bagi seseorang yang senang menulis, buku ini sangat bisa dijadikan contoh bagaimana riset yang baik dengan penyampaian yang mulus dan benang merah yang teruntai rapi dapat menjadi suatu karya yang luar biasa.


Demikian review top 4 buku yang bisa saya rekomendasikan di penghujung tahun ini.

Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi buku yang bisa saya selesaikan dan saya ulas untuk sejawat sekalian.

Now go read!

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Weekly newsletter

Suntikan literasi keuangan (dan kehidupan) mingguan di tengah kesibukan Anda!