About

“Wise men talk because they have something to say;

fools, because they have to say something.”

Plato

Selamat datang sejawat!

Siapakah saya?

Perkenalkan, nama saya Jephtah Tobing, dan saya adalah seorang dokter spesialis orthopaedi. Dalam blog ini saya akan banyak menulis (atau mungkin lebih tepatnya bercerita) tentang finance. Saya sendiri tidak memulai sebagai seorang praktisi keuangan atau seorang investor yang handal, namun saya akan berbagi mengenai perjalanan saya menuju literasi keuangan/financial literacy.

Bagi anda yang adalah seorang dokter, GOOD ON YOU! Karena anda akan menemukan banyak sekali hal dalam blog ini yang sangat relevan dengan perjalanan keuangan anda sebagai dokter, atau bahkan pernah mengalaminya sendiri.

Apabila anda bukanlah seorang dokter, jangan khawatir, karena saya akan banyak menulis mengenai keuangan dengan bahasa yang sangat sederhana, dan saya berharap ini dapat membantu anda dalam memulai perjalanan keuangan anda.

Did I read that wrong? An orthopaedic surgeon and finance? Isn’t that too far-fetched?

Sure, call it unconvincing.

Tapi pernahkah anda berpikir sejak anda memulai sekolah kedokteran sebagai mahasiswa kedokteran pre-klinik, sebagai co-ass (yes, ass), sebagai dokter umum, sebagai residen, sebagai dokter spesialis:

Why on earth did no one ever teach me about what I should do with my money?

Saya baru disadarkan akan pertanyaan tersebut saat saya sudah menjadi seorang dokter spesialis dan berumur 33 tahun, dan saya sangat berharap anda lebih muda dari saya saat anda pertama kali membaca blog ini. Bagi anda yang sudah lebih tua dari itu? Relax, it’s NEVER too late to start.

Bagi anda yang beruntung dan memiliki orang tua yang memiliki literasi
keuangan yang baik dan mengajarkan ilmu tersebut kepada anda, SHAME ON YOU for not sharing it with the rest of us!

But I can’t fully blame you. Talking about people’s money and giving advice on how to manage them is considered taboo unless the person asked for it.

Membaca sebuah blog, on the other hand, dapat anda lakukan secara private, kapan pun, di mana pun.

…and that is why, in a nutshell, I am writing to you about finance.


Untuk apa saya membuat blog ini?

Semua hal yang anda temukan di blog ini adalah murni hal-hal yang saya yakini berdasarkan apa yang telah saja pelajari secara  mendalam, unbiased.

Tetapi yang harus saya tekankan adalah anda perlu menyadari bahwa di dalam financial service industry, banyak sekali oknum yang akan mencoba “menggiring” atau jelas-jelas menipu anda demi komisi atau keuntungan produk mereka sendiri.

Sehingga melalui blog ini saya bermimpi bahwa para dokter dapat memiliki satu pintu informasi yang bebas dari bias dan mampu mengarahkan sejawat ke orang-orang di dunia penyedia jasa keuangan yang saya percayai dan akan selalu mengedepankan kepentingan anda ketimbang kepentingan penjualan produk mereka.

Jadi, kalaupun ada beberapa arahan atau himbauan dari saya, yakinlah bahwa itu hanya untuk membantu anda menemukan orang-orang yang tepat yang akan memikirkan kebaikan anda dan bukan untuk keperluan mereka sendiri.

Sudah cukup selama ini dokter-dokter berjuang sendiri, cari uang sendiri, investasi sendiri, untung sendiri, rugi sendiri.

Why can’t we all grow as a sharing and loving community?

Cheers!

Trust me and subscribe. A little bit of knowledge never hurts.